Selasa, 14 November 2017

Coming to Commonwealth Youth Summit (CYS2017) Malaysia

Writing with my Spotify list songs. Hey long time no post. I dont kno, I just….. do not have something to tell and something to post. Haha kidding. I just always do not have time for this L So, the reason I made this post is actually I want to tell you how I really enjoyed my 4 days in KL last time. That was my first trip going abroad and bondo nekat aja kesana with doa ortu tentunya haha
    Jadi, aku kesana karena kepilih jadi one of delegates from Indonesia. Dapet email lolosnya tanggal 8 Oktober 2017 malem dan gatau pas banget lagi buka email eh muncul dah itu email konfirmationnya! I was really glad, happy, and confussed. Yes or No? Yes? No? I mean Ditaaaaa do you really want to ignore this chance? The wishlist in your note. Going abroad funded with campus? Then Yes. I take a yes!
    Persiapannya 3 mingguan. Ngurus paspor, ngurus pengajuan dana ke fakultas ke rektorat, tiket pesawat, penginapan. Harus sabar. Temen temen yang ikut bantu pun juga bilangin ‘emang gini kok dit kalo mau keluar mesti banyaaak banget rintangannya’. Pak deny dosen pembimbing dari bem juga nyemangatin ‘gapapa sendirian, deket ini kok. Lumayan kan dapet dana dari fakultas sama rektorat buat jalan jalan keluar negeri’. Jadi, ku naik pesawat termurah haha Airasia itupun dapet promo lagi, trus nginep cari apartemen lewat Airbnb murah banget dibagi berenam. Sekitar 75ribu rupiah gitu kalo dirupiahin permalemnya. Dengan segala fasilitas yang ada sampe viewnya yang keren. I will give the photos below. My flight departure from Surabaya Juanda International Airport is at 08.25 wib. Aku dianter sama tiffani sama shindy ke bandara ya buat nemenin biar ngga kebingungan di bandara berhubung belum pernah naik pesawat sebelumnya wkwk. Thanks to you guys!
    Sampai di KLIA2, aku udah janjian sih sama Mery, mba Rosa sama Dicky ketemuan di KLIA2 trus bareng2 ke The University of Nottingham nya. Jadi itu ya ada something funny waktu di KLIA2 jadi kan kita janjian tu di Uptown white coffee. Aku yang search in lokasinya Uptown white coffee level 3 KLIA2. Aku sampai barengan sama mba Rosa. Kita telfon telfonan bingung mencari lokasi sampai akhirnya waktu nanya security, ternyata mba Rosa ada di KLIA1 dan aku ada di KLIA2 di tempat seharusnya kita berada ditelfon antara pengen ngakak nanges kesasar hahaha lagian ngapain sih ada 2 KLIA juga bikin orang bingung juga mba Rosa juga ngga dilihat dulu dia turun di KLIA1 apa KLIA2 wkwkwkw
    Yasudah akhirnya balik ke perjanjian awal ketemu di Uptown white coffee, jadi aku nemu gitu di deket pintu keluar. Langsung aja aku masuk sana pake acara keusir segala gara gara nyari stopcontact-_- Jadi aku udah kabar kabar gitu di multiple chat kalo aku udah di uptown white coffee lengkap sama warna baju dan ciri ciri. Aku ngelihat cewek yang kalo kulihat mirip Mery di foto Instagram tapi belum ngeh soalnya dia abis lihat lihat kesini trus langsung pergi, yauda deh ku pikir emang bukan. Trus buka line, si Mery nanya aku dimana, trus ku fotoin lokasinya. Eh dia muncul di line bilang dia juga udah di uptown white coffee level 3. Trus katanya tempatku itu di uptown white coffee di tempat keluar dan dia tadi udah kesini dan pas ketemu ternyata emang bener yang tadi ku lihat emang bener Mery!
    Akhirnya kita bertiga ketemu (aku, Mery, mba Rosa) kita cari makan dulu sambil nungguin Dicky yang pesawatnya baru sampai jam setengah 5. Muter muter sampai ketiduran di ruang tunggu KLIA2 akhirnya di Dicky dateng. Trus kita berangkat ke Nottingham pake uber. Nah segala di kampusnya itu kan ada security tiap ditanyain acara Commonwealth Youth Summit pada gatau, itu udah megap megap takut ini acara jangan jangan fake. Omg. Trus ku telfon si Uthraa dia CP acaranya dan akhirnya ketemu! Keadaannya kita dari bandara bawa koper belum mandi langsung sampai langsung nyari toilet buat ganti baju rapi wkwkwk
    Acara pertama di The University of Nottingham adalah diskusi panel tentang Climate Policy & Finance. Speaker yang paling kuinget adalah Mr Christoper Wright! Speaker dari Australia, ganteng, founder of Climate Taker. Googling deh! Mukanya masih kebayang gitu di aku sampai sekarang<3. Trus habis itu coffee break trus dilanjut breakout session. Jadi kita dibagi jadi beberapa kelas lalu di kelas itu kita dibagi lagi jadi beberapa kelompok. Nah waktu itu aku sekelompok sama anak Indo, Bangladesh, Kamboja, Nepal, India. Bahasannya tentang pro contra policy di suatu Negara. Si Ipang anak ITB ngebuka diskusi dia ngasih tau soal Indonesia tentang Green energy gitu dan akhirnya topic itu yang kita ambil.
    Selesai di sesi breakout trus ada sesi lunch lalu sesi Commonwealth Conversation. Sesi conversation ini dibuka sama HRH Prince of Wales! You know lah Prince Charles dan orang orang pejabat disana. Kita dibagi jadi beberapa kelompok lagi. Di kelompok ini, aku sekelompok sama anak Maldives, Ghana, ada anak Indo satu lagi, sama beberapa orang ku lupa dari mana tapi kebanyakan kayak muka muka afrika gitu. Kita bahas tentang postphorous future (semoga bener tulisannya), jadi ngebahas soal masalah yang selama ini ada tapi ngga kelar kelar permasalahannya. Trus dipresentasiin ke… ku lupa siapa tadi kayak pejabat pemerintahan Malaysia gitu. Atau commonwealth council? Ku lupaa. Selesai gitu ada motivation speech gitu dari beberapa speaker yang dipercaya sebagai motivator. Habis itu kita naik bus ke cyberjaya (disediain bus sama organizer nya). Turun di dpulze hotel trus kita naik uber ke apartemen
    Besoknya hari kedua acara pindah ke Limkokwing University of Creative Technology. Kalo masuk sini tuh ya ngelewatin red carpet gitu dan disambut meriah banget sama anak anak limkokwing. Malu banget parah! Disorak sorakin keprok keprok gitu beda banget sama pas masuk Nottingham kebingungan. Tempat tempat di Limkokwing ini juga banyak banget photobooth gitu Instagramable gitu deh dibandingin sama di Nottingham. Jelas lah ya dari namanya University of Creative Technology. Sama kayak di hari pertama, di Limkokwing ini kita juga ada sesi diskusi. Bahasan di hari kedua adalah tentang Global inequality & Social Cohesion dan Peacebuilding. Habis itu lanjut lagi breakout session nah breakout yang ini sama kayak hari pertama kita dibagi jadi beberapa ruang yang mana beberapa ruang tadi dibagi jadi beberapa kelompok. Nah di kelompok kali ini aku sekelompok 6 orang. 2 orang  dari Bangladesh dan 4 orang dari Indo lagi haha soalnya kursinya pas deketan sama mereka sih. Trus ngebahas soal isu peacebuilding di Bangladesh.
    Selesai gitu trus pulang ke aprtemen dan balik lagi ke Limkokwing jam 8 malem buat Gala Dinner. Temanya Cultural Diversity jadi kita pake baju adat dari daerah masing masing. Aku pake batik. Masuk ke Limkokwing disorak sorakin lagi disambut meriah, malu deh sumpah tiap kayak kebelet pipis harus keluar tuh kek aras aresen gitu gara gara ntar masuk mesti disorak sorakin lagi haha
    Hari ketiga diskusi lagi, tapi kali ini bahasannya lebih enteng, kalo menurutku sih. Tentang Digital Economy & Entrepreneurship. Salah satu pembicaranya adalah general manager dari MaGIC yang udah terkenal banget yaaa di Malaysia. Habis itu dilanjutin sama breakout lagi, sama kayak sebelumnya tiap breakout mesti dibagi jadi beberapa ruang gitu trus di ruang yang ini, kita dikasih banyak mentoring seputar entrepreneurship oleh beberapa speaker yang udah sukses banget berentrepreneur. Selesai breakout balik lagi ke ruangan yang gede dan trus penutupan. Jadi summit ini ditutup dengan beberapa agenda, tentang Commonwealth Youth Summit 2019, trus Commonwealth Youth Forum 2018, fashion show by Limkokwing student dll.
    Ini konferensi pertama di luar negeri yang ku ikutin. Bahkan ini pertama kalinya aku keluar negeri dan nggak nyesel sama sekali. I was very happy there. Sayang Cuma 3 hari, hari terakhir ke empat kupakai jalan jalan ke KL sentral, dan sekarang nyesel aja gitu kenapa ga dari dulu dulu yaa aku cari cari kegiatan kayak gini, baru di taun taun akhir kuliah ngerasain begini dan pengen lagiL sumpah iya pengen lagi. Dan kayaknya juga sampai nanti sudah kerja pun ku pengen ikut ikutan acara begini lagi.
    Ini buat temen temen adik adik yang masih menginjak semester muda, yang kuliahnya masih lama pokoknya, cari opportunity keluar negeri sebanyak banyaknya. Kalo kata temenku ‘habisin uang rektorat buat keluar negeri’. Karena yaa nilai ipkmu yang tinggi nanti gabakal bisa mbo crita critain, pengalaman yang begini ini yang bakal jadi bahan cerita sampe seumur hidup. Kapan lagi bisa memperluas jaringan pertemanan sama temen temen yang beda Negara, beda cultural sama kita. Selain bisa increasing Bahasa inggris juga bikin pemikiran lebih terbuka lho. Trust me! Eh jangan deh percaya sama Tuhan. But yea, percayalah nikmati masa masa kuliah untuk ngga stuck di area kampus aja ;)

*foto lain bakal diupload terpisah