Sabtu, 26 Juli 2014

Lulus SBMPTN 2014


    Hal yang begitu membuatku bahagia sampai menangis. Semua perjuangan semua kerja keras terbayarkan. Aku lulus. Lulus tes SBMPTN. Sesuai dengan prodi yang memang aku inginkan. Kemarin-kemarin setiap orang-orang bertanya “Dit, kuliah dimana?” Aku hanya bisa memnjawab “belum dapet kuliaah” sambil meringis-meringis sedih. Sekarang? Yah kamu taulah gimana :”)
    Rasa sedih, kesal, kecewa karena tidak lolos snmptn maupun usm stan sempat membuatku kacau. Semacam aku sudah tidak mampu untuk berharap besar akan hasil SBMPTN. kenapa? Jujur aku sempat hampir tertidur saat mengerjakan soal saintek waktu itu :")
    Sebelum aku terusin, aku mau terimakasih. Terimakasih banyak dan sebesar besarnya kepada Allah SWT yang selalu memberikan kemudahan untuk mendapatkan apa  yang aku harapkan, 
    Ayah ibu aku yang selalu mendoakanku setiap hari demi kesuksesanku. Guru guru yang senantiasa gak pernah bosen memperdalam ilmu yang aku punya.

    Juga Adikku, Ghozy Amar Amrullah yang sebenernya gatau kenapa aku harus nyebutin dia-_-
    Ismah, Wiwit, Tari, Intan, Helmi, Ego, Ario, Riyan temen temen seperjuangan di kelas aksel sampe akhirnya bisa lulus bareng.

    Rena, Arung, Njo, Dije, Fadil, Elvira, Nimas, Teha, Sega, Shinta, Pungki, Valen, Ida,  Sartika, Okky, Rahma, Riko, dan semua nya temen temen yang seangkatan masuk SMA bareng tapi lulusnya aku duluan:”) 
    Atul yang tiap hari aku bully haha, Eka yang janjiin traktir karaoke sampe sekarang belum keturutan, Sheilla Kiki Memed yang rame di bbm, temen temen XI ipa 7 yang selalu support aku dan temen temen:”)

    Temen temen kelas XII ipa 7 yang berjuang bareng untuk lulus UN, trus rame di grup whatsapp, Mae, Mbak Ratna, Mas Yono, dan temen temen les di primagama. Terutama Mae nih yang sering nebengin aku kalo gaada motor haha.

    Mbak Lucky, yang udah mau direpotin wira wiri nganterin aku selama di surabaya, udah ngebiarin rumahnya diobrak abrik haha. Pakde juga yang selalu ngasih support.
    Tentor tentor Primagama Mbak Atik, Mas Sidik, dan semuanya, Kakak kakak Aksel angkatan kesatu Mbak Rasinta mbak Trisna mas Mochin dan kawan kawan, kakak kakak Aksel angkatan kedua Mas Yanu, Mas Okvan, Mbak Santika dan kawan kawan. Juga adik adik aksel angkatan 4  Peter, Cho, laras, dan kawan kawan.

    Temen temen PMR angkatan 2012 maupun 2013 dan adik adik angkatan 2014. Temen temen seperjuangan lulus bareng UN2014 mbak Kokom, Mas ivan, Mbak kentari, Mas Upik, Mbak Tasya, Mbak Rosya, Mbak Copi, Mbak Kiki, Mbak Santya, dan semuanyaa.
    Kak Ikha anak Surabaya temen seperjuangan belajar bareng walaupun tanya tanyaannya lewat bbm haha. Kak Rina temen lylaku anak UNS dia aksel loh dulu seangkatan sama kakak kelas aksel angkatan pertama sekolahku.

    Verin, Lia, Tata, dan temen temen di perumahan lainnya, Arifha, Daniel, Via, Yoga, Andri, Ria dan temen temen SD di SDN Mendawai 2 Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah yang gak lupa sama akuh.

    Dan semua temen temen yang aku kenal maupun kenal aku, aku tidak bisa sebutin semuanya satu satu karena gak bakal selesai kalau namanya aku sebutin semua. Pokoknya Terimakasih terimakasih atas semuanya. Semuanya! 

    Terimakasih!

    Hari itu 16 Juli 2014. Sehabis sholat shubuh dari mushola-saat berjalan pulang- tetanggaku menanyaiku "Mbak dita jadi kuliah di surabaya?" Aku yang kala itu sudah pesimis. pesimis banget. hanya tersenyum.
    Ibuku yang menjawab.
    "Halah bu, dita wes bilang pesimis pesimis terus kok paling ini di kediri jadinya haha doanya ya bu nanti jam 5 katanya pengumumannya"
    "loh, jangan pesimis dulu mbak ditaaa"
    ntah kira kira begitu lah percakapan mereka.
    Yang jelas hari itu, saat itu, aku benar benar sudah pesimis. skala keoptimisan dari 1 sampai 10, aku akan memilih tiga hm eh mungkin dua. Yang jelas pesimis banget. Banget.
    Jadi waktu itu jam 4 sore teman teman sudah ramai di grup kelas berharap keterima berharap keterima, dan aku? aku hanya bisa mengutarakan kepesimisanku. Bahkan rasanya saat itu sudah enggan, tak ada niat untuk melihat hasil pengumuman.
    Habis itu aku mandi lalu sholat ashar. Aku sudah benar benar pasrah. Aku berharap tapi pesimis akan harapan itu. Benar benar tak bisa berbuat apa apa. Aku hanya memiliki satu pilihan kalau tak lulus sbmptn ini.
    Kediri. Ya. Kediri.
    Aku berusaha memantapkan hatiku untuk mengikuti kata ayah ibuku. aku harus kuliah di STIKES MITRA HUSADA KEDIRI. Ya hanya itu satu satunya pilihan saat itu. Kalau aku tak lulus sbmptn.
    Aku benar benar sudah diambang kepesimisan. Doaku saat itu adalah agar Allah memberikan ketegaran dan kekuatan padaku jika aku tak lulus sbmptn. Aku sudah tak berharap. Aku pasrah. 
    Jam 5 lewat, grup whatsapp sudah penuh dengan kabar teman temanku yang keterima. Aku semakin galau. lalu kuberanikan diri untuk login.
    lemot.
    ya.
    lemot.
    server eror.
    ya
    aku berusaha sesantai mungkin. Aku harus siap apapun yang terjadi. Ketika hasil muncul dan AKU KETERIMA. IYA AKU KETERIMA. 
    "BUUUUK, AKU KETERIMAAA" teriakku sambil menangis sore itu hampir magrib. Ibuku datang disertai ayahku. ku peluk ibuku.
    Tak percaya akan apa yang kubaca, ku coba login lagi. Berharap hasilnya tetap sama. Berharap ini bukan lagi dikerjain, bukan lagi masuk supertrap. dan *cling* AKU BENAR BENAR LULUS SBMPTN PRODI PENDIDIKAN NERS SEPERTI YANG AKU HARAPKAN!
    Benar benar seuatu yang nyata. IYA. INI BENAR NYATA!
    Temen temen pasti banyak yang mikir “Ah, dita kan aksel. Jelas lah lulus sbmptn” iyakan? Halah.

    Jujur.

    Kalau disuruh milih, aku lebih milih menjadi siswa kelas biasa dari pada kelas akselerasi. Kenapa? Kenapa dulu aku masuk akselerasi? Ya namanya juga masa abg, masa remaja, masa transisi. Tau sendirikan, abg itu selalu ingin mencoba hal hal baru. iya hal hal baru.

    Begitu pula ketika aku ditawari untuk masuk kelas akselerasi karena IQku yang cukup untuk ada di kelas akselerasi. Mencoba hal baru yang positif, kenapa etidak?

    Tapiiii, ketika aku tau rasanya beratnya, kerja kerasnya, Susahnya, Rasanya kalau disuruh untuk pindah ke kelas biasa, aku bakal langsung jawab “Aku mau banget!”  namun ya gimana dong? Tiap aku cerita ke ayah soal ini, ayah aku selalu kasih aku penerangan untuk tetap bertahan. Gak semua orang bisa dapet kesempatan ini? Kenapa malah mau kamu buang? Gitu katanya.

    Begitu juga dengan peluang untuk keterima SNMPTN sama SBMPTN. Gimana? Menurut aku ya. Ini menurut aku lho ya. Menurut aku, anak aksel itu justru punya peluang yang lebih kecil untuk keterima SNMPTN dan SBMPTN ketimbang anak kelas biasa. Kok bisa? Nah.

    Gini.

    Penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN itu menerima mahasiswa baru melalui nilai nilai akademiknya. Ya. Tentunya selain nilai, KKM pun memiliki dampak. Gimana?

    Gini

    Anak anak aksel, punya KKM 80, sedangkan kelas biasa 75.Tentunya guru guru sudah mempertimbangkan untuk anak didiknya agar tidak memiliki nilai dibawah KKM kan? Iya.

    Kita bandingin sekarang. Semisal nilai rapotku 87. Dan aku ambil salah satu nilai rapot anak kelas biasa 85. Secara besar, jelas besar nilai aku, tapi secara selisih dengan KKM? Aku hanya memiliki selisih 7 dengan KKM ku yang 80. Tapi dia? Bisa punya selisih 15 dengan KKMnya. Ngerti kan?

    Sepintar pintarnya guru memberikan nilai yang tinggi kepada siswanya dengan menaikkan KKMnya, masih pintar rektor rektor dosen di Perguruan Tinggi yang melihat selisih antara nilai dan KKM.

    Ngerti dong? Ngertiin aja lah.

    Kemudian SBMPTN. Kenapa anak aksel berpeluang kecil? Karena anak aksel tidak mendapat materi sedalam anak anak kelas biasa. Maksudnya?

    Iya disaat di kelas biasa satu bab bisa dibahas sampai beberapa kali pertemuan, di kelas aksel bisa hanya dijadikan 1-2 kali pertemuan. Bahasa akunya sih Belum bener bener ngelontok, udah pindah materi, materi yang baru belum bener bener masuk, pindah lagi. Yah gitu deh.

    Jadi peluang masuknya anak aksel dan anak kelas biasa itu sebenernya besar anak kelas biasa. Tapi kenapa tes SBMPTN kemarin temen temen sekelasku lulus semua sedangkan kelas lain tidak semua yang lulus?

    Aku tidak tau.

    Selain usaha keras, doa dan ikhtiar adalah hal mutlak yang harus dilakukan demi mendapatkan kemudahan. Belajar udah, doa udah, ikhtiar apalagi, tapi kok belum keterima juga? Allah punya rencana yang lebih baik.

    Sedikit cerita.

    Dulu sewaktu smp, aku berharap, bermimpi untuk masuk ke SMAN 1 Kedungwaru, SMA favorit gitu deh di Tulungagung. Semua buku, tembok udah aku tulis nama SMAN 1 Kedungwaru, bahkan target UN sudah aku hitung bener bener.

    Tapi.

    Nyatanya aku tidak masuk SMAN 1 Kedungwaru karena NEM ku tidak menjangkau. Tapi aku lulus tes SMAN 1 Boyolangu SMA RSBI waktu itu. Tidak sesuai harapan. Tidak sesuai mimpi.

    Tapi Allah punya rencana lain, aku masuk kelas akselerasi. Iya. Allah punya rencana lain di luar harapan dan mimpi aku. Aku bersyukur.

    Temen temen yang nilai nilainya jeblok gausah takut untuk berusaha nyoba. Belum belum sudah ngerasa kalah sama yang lebih pinter. Kita semua punya hak yang sama kok. kita semua punya hal yang sama untuk bermimpi. Apapun itu, usahamu lah yang harus kamu pedulikan saat ini. Ini beberapa foto nilai nilai ulanganku yang bisa aku temuin.  
       
      










    Banyak jeleknya kan? itu banyak nilai jelek yang udah aku sobek sobek dulu wkwk. So gausah minder. Selama kalian berusaha keras, pasti ada hasil yang setimpal dengan usaha kalian. Allah sudah ngejanjiin itu kok.
    Semangat! Semangat buat temen temen yang akan mengikuti SBMPTN SNMPTN tahun depan! Semangat juga buat temen temen yang sekarang masih berperang mendapatkan tempat kuliah! Semangat!
    Usaha keras kalian bakal berbuah hasil kok. Insyaallah.

    7 komentar:

    1. Nanya ya kak,, kalo di kelas aksel itu apa ada kelas jurusan/keminatan mata pelajaran ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Halo adik, maaf ya baru balas. Ketentuan tiap sekolah bisa berbeda beda. Ada sekolah yang lebih meng-ipa-kan anak anak akselnya. ada sekolah yang juga mempertimbangkan minat jurusan mata pelajaran sekolah anak akselnya. tergantung seberapa banyak jumlah siswa aksel di sekolah tsb.

        Hapus
    2. Kak, kalo mau masuk ke aksel itu syaratnya apa saja ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Biasanya hanya IQ saja adik. Standart untuk masuk kelas akselerasi IQ minimal 130. biasanya dari sekolah sudah memfasilitasi tesnya kok. untuk selanjutnya tinggal dievaluasi bisa dipertahankan atau tidka di kelas aksel. Kalau memang IQ tinggi namun secara akademik tidak bisa dipertahankan biasanya akan dipindah ke kelas reguler biasa

        Hapus
    3. Thanks kk sngat termotivasi
      Mudah gk ngerjain soal sbmptn?
      Saya juga dari smaboy ,dari jur ips angkatan 2017
      Tahun ini mau ikut sbmptn

      BalasHapus