Kamis, 07 Februari 2013

Join Omits 7...


    OMITS..
    Ya, OMITS (Olimpiade Matematika ITS) adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Institut Teknologi Sepuluh November (HIMATIKA ITS) yang berupa olimpiade Matematika tingkat Nasional yang diikuti oleh ratusan team se Indonesia. Satu team terdiri dari 2 siswa,.

    Nah sasaran kegiatan ini adalah siswa siswi SD, SMP, dan SMA se-Indonesia. Pendaftarannya  udah dibuka sejak 3 Desember 2012 sampai 31 januari 2013. Di ITSnya langsung pastinya. Namun juga bisa kok mendaftar via online dengan menghubungi region masing masing region.  Tempatnya?  Yak tempatnya ada di beberapa region se-Indonesia.  Tertarik untuk daftar? Telaaaat masbrooh-_- pengumuman semifinalis-er nya aja udeh diumumin wkwk
    Kebetulan waktu itu 2 minggu sebelum pendaftaran ditutup. Aku dikasih info sama temanku, Taufik. Yak dia satu angkatan sama aku. Dia ngabarin kalo ada olimpiade Matematika tingkat Nasional. Dia ngasih tau aku link webnya trus aku mulai cari cari info seputar OMITS7 itu.
    Kebetulan wiwit teman sekelasku juga tertarik sama olimpiade matematika itu. Akhirnya kami berdua sepakat dong buat ikutan acara itu. Dan kami putuskan untuk daftar sendiri via online.
    Jadi waktu itu hari Jumat –lupa tanggal berapa- aku sama wiwit boncengan ke BNI eh BNI apa BRI ya. Hmm lupa yang jelas kami berdua boncengan kegerimisan di jalan trus harus terhenti di tengah jalan karena waktu itu lagi ada segerombolan orang orang yang keliling keliling buat dukung Partai apa itu y ague nyebutnya lupa hmm._.
    Trus setelah semua beres akhirnya kami balik ke sekolah. Di sekolah wiwit sibuk ngirim berkas berkas –yang udah di scan- ke email Contact Personnya Omits. Sedangkan gue ehem, aku? Aku lari ke kelas 11ipa7 gara gara ada kumpulan PMR.
    Begitu sampe gue disindir sana sini disuruh nyanyi. Oh God-_- ya emang udah  peraturannya sih kalo telat ya ganjarannya nyanyi di depan. Banyak alas an gue limpahin ke mereka namun tak satu pun peduli. Manusia macam apa itu? Huffhh
    Yauda deh akhirnya gue ssst aku nyanyi lagunya Rumor yang Butiran Debu. Semua diem. Oh shit! Disaat mereka biasanya rame kenapa pada diem merhatiin gitu pas gue lagi nyanyi. Emm gatau emang suara gue yang merdu apa lagunya yang galau trus bikin mereka galau keinget mantan:| atau atau banyak pendapat keluar dari otak gue sewaktu gue nyanyi.
    Sampe akhirnya kakak kelas gue, Mbak Linda namanya ngebolehin gue buat duduk. Oke jadi waktu itu gue Cuma duduk dengerin geremengannya Mbak Linda en Mas Risa yang asik bercuap cuap tentang HIV Aids. Gue? Buka leptop main leptop. Udah gitu aja.
    Besoknya gue ada urusan ke Man 2 buat Latgab PMR. Jadi dari sekolah gue ada 5 anak –Gue, memed, mumun, ayung, rena- bergabung sama PMR PMR wira sekolah lain sekedar saling kenalan berbagi informasi dan lain lain.
    Tunggu? Bukannya tadi kita lagi bahas OMITS ya? Kenapa ujung ujungnya ngurusin acara PMR? Salah topik bos!
    Oke balik ke topik! PMR! Eh salah maaf OMITS.
    OMITS.
    Mulai Jumat 1 Februari 2013 jadi gue udah persiapin buat olimpiade tanggal 3 Februari itu. Mulai dari cari cari soal soal trus bahas bareng wiwit. Ya waktu itu Malem Sabtu gue buka file soal OMITS tahun 2011 kan isinya soal soal gitu.
    Berhubung gue bukanya di dalam file WinRAR gitu ya nggak keliatan judul filenya keseluruhan. Yang jelas ada tiga soal. Gue piker itu soal seleksi, semifinal, sama final mungkin. Yakan pas ada tiga file Ms Words.
    Gue buka dong file yang paling atas. Gue kerjain soal soalnya. Lumayan sih dari 40 soal ada lebih dari 30 soal bisa gue kerjain. Gue pikir kok soalnya soal soal logika ya. Ya waktu itu gue udah seneng banget tuh bisa kerjain lebih dari setengah soal. Hehe ya terus gue tidur.
    Besoknya pagi pagi banget gue mau nyoba kerjain soal di file berikutnya. Jadi gue buka deh itu kolom makin lebar dan terlihat jelas full judul filenya. Dan tau apa? SEMALEM YANG GUE KERJAIN SOALNYA ANAK SD! KAMPRET TAI PETOK SOAK! ASSHHH gue udah kesel abis. Gue bener bener ngerasa diPHP-in. bener bener di PHPin. PHP ya PHP itu ck.
    Oke besoknya Sabtu Malam –gue  emang ngga biasa nyebut Malam Minggu- gue baru bisa belajar jam 8 malem. Soalnya maghrib itu gue baru aja pulang dari sekolah nungguin PDL PMR jadi sama anak anak PMR lainnya. Sampe rumah kira kira jam setengah 7 malem. Bukan dita namanya kalo sampe rumah langsung mandi. Paling engga waktu itu gue makan dulu trus nonton TV dulu bahkan berunding soal berita Raffi Ahmad sama ibuk-,-
    Jam 8 gue pelajarin materi Sistematika kelas 11. Dan bab bab lainnnya harapan gue ya semoga apa yang gue pelajarin itu ada yang bisa masuk di soal besok harinya. Gue Cuma pelajarin dasar dasarnya aja ya berhubung karena gue masih kelas 10 jadi belom waktunya menguasai pelajaran kelas 11._.
    Trus gue tidur.
    Gue bangun pagi dan lagi gue masih ngadep leptop sama buku coret coretan ya pokoknya gue harus bisa mempelajari pelajaran kelas 11 harus!
    Jadi jam setengah 10 gue mandi. Sebenernya jam 1 sih olimpiadenya dimulai, registrasinya juga jam 11. Satu satunya yang jadi alesan gue adalah jam 10 gue harus ada di rumah Memed buat ngurusin PDL. Y ague bingung harus menjabarkan kata apa untuk mengganti kata ‘ngurusin’ tapi emang lebih enak dibilang ‘ngurusin’.
    Jam 11 gue ke rumah Tari yang emang rumahnya deket dengan lokasi Olimpiade buat Region Tulungagung, Man 2 Tulungagung. Setengah jam gue nunggu Wiwit disitu akhirnya doi muncul. Kenapa harus doi? Tanya rumput yang bergoyang~
    Lalu gue sama Wiwit berangkat ke Man 2. Rame. Motor motor berserakan di depan. Gue yang emang minggu lalu sempet ‘terdampar’ seharian disitu buat Latgab PMR ngasih tau Wiwit ada lokasi aman buat Parkir. Dimana? Di tempat Parkir! Ya emang tempat Parkirnya agak mojok.
    Dan motor gue sama wiwit aman dari panas dan hujan.
    Habis itu gue sama Wiwit Registrasi ke kakak kakaknya. Kebetulan waktu itu gue ketemu sama Mila, Nurfa dan 2 orang lainnya. Asik. Habis itu gue sama wiwit putusin buat muter muter. Trus jam 12 gue nemenin Wiwit ke Masjid buat Sholat Dhuhur. Gue nggak ikut sholat soalnya lagi ‘libur’.
    Di Masjid gue ketemu lagi sama Mila dan lain lain. Emang jodoh.

    Sambil nunggu Wiwit, gue berusaha ngereview materi yang gue pelajarin kemarin. Seketika gue ngantuk ngelihat rumus rumus.

    Jam setengah 1 gue sama Wiwit balik ke ruangan kami. Udah rame. Gak lama kemudian kakak pengawasnya dateng ngasih tau ralat soal sama peraturan dan informasi lainnya. Akhirnya jam 1 kami dibolehin ngerjain soal.
    Gue sama Wiwit sepakat nyepot staples soalnya trus dibagi. Gue kebagian ngerjain soal nomer 1 sampe 27, Wiwit sisanya.
    Satu jam berlalu dari soal yang gue pegang gue Cuma berhasil ngerjain seengga engganya engga lebih dari 10 soal-_- Wiwit juga ngerjain ga sampe 20 soal. Akhirnya kami berdua sepakat kerjain bareng bareng.
    LJK belom kami isi. Ya gue sama wiwit sepakat lagi kalo ngisi LJK sekurang kurangnya 15 menit sebelum bell waktu selesai. Risih juga sih tim sebelah ngelirik ngelirik ke LJK gue sama wiwit. Ya tapi gue sih santai aja soalnya emang LJK belom kami isi. Hihihi –kenapa ketawanya harus hihihi-_--
    Sampe akhirnya 15 menit sebelum selesai kami ngisiin LJKnya. Dan waktu selesai, LJK dikumpulkan. Gue cemas banget nih takut kalo kalo Wiwit gabisa masuk semifinal gara gara seteam sama gue. Ya jadi wiwit itu waktu SMP kelas 7 sama kelas 9 udah pernah lolos sampe semifinal Omits. Gue nggak enak aja kalo dia harus gagal gara gara satu team sama gue.
    Jam 3 waktu selesai. Tenggorokan gue perih nggak tau kenapa. Akhirnya kakak kakaknya bagiin kue sama air mineral. Alhamdulillah.
    Gue baru bisa pulang jam 4 soalnya sepanjang waktu, hujan terus. Gue sama wiwit nunggu reda. Berhubung gue nggak bawa jas hujan, gue telfon ayah buat jemput gue bawain jas hujan.
    Pas ayah sampe Man 2, hujannya udah agak reda. Huh.
    Trus kami pulang. Iya pulang ke rumah masing masing.
    Pagi tadi 6 Februari 2013, gue ngecek pengumuman Omitsnya di www.omits-himatika.net dan gue sama wiwit nggak masuk semifinal T.T kami masuk ranking 7. Walau itu adalah ranking terbaik se SMAN 1 Boyolangu tapi gue sama wiwit tetep aja kalah sama anak anak SMA sekolah lain. Bahkan di Region Tulungagung sendiri bukan anak Tulungagung yang masukn semifinal melainkan Anak Trenggalek.


    Namanya aja pengalaman. Gue sedikit nyesel nih sering banget bolos pembinaan Olimpiade. Ya begini ini deh. Coba aja gue ga pernah bolos. COBA AJA.
    Sekian deh cuap cuapan dari tangan gue ehem aku –perasaan dari tadi udah ngomong gue bolak balik-
    See you.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar